Kandungan dan Manfaat Bawang Putih Bagi Tubuh

Manfaat Bawang Putih Aliumsativum atau yang biasa kita sebut bawang putih termasuk kedalam family Liliaceaberasal dari Asia tengah tinggi sekitar 50 sampai dengan 60cm. Kandungan bawang putih sudah terbukti ampuh dapat menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya yaitu menangkal flu, mengobati rematik, membasmi cacing perut,dan meredakan insomnia. Juga mampu mengobati penyakit-penyakit degenerative seperti hipertensi,jantung koroner, stroke, ketidakseimbangan kolesterol, diabetes,mengobati kanker serta sebagai pendongkrak stamina.

Manfaat Bawang Putih
Kandungan dan Manfaat Bawang Putih Bagi Tubuh

Manfaat baru yang ditemukan para ahli yaitu dapat mencegah berat badan dan bahkan menurunkan berat badan. Kandungan yang terdapat di dalam bawang putih juga bisa digunakan sebagai anti biotik alami di dalam tubuh.Bawang putih termasuk bumbu dapur yang sangat popular di Asia selain memberikan rasa harum pada masakan bawang putih juga dapat menurunkan kolesterol yang terkandung dalam makanan yang mengandung lemak.

Kota maju seperti halnya Korea dan Jepang banyak menggunakan bawang putih sebagai bumbu utamanya.Tes laboratorium menunjukkan bahwa tikus-tikus yang diberikan gula diet akan mengalami penurunan berat jika mereka diberi juga komponen bawang putih. Manfaat dan khasiat bawang putih yaitu mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh.Tidak kita sadari tubuh kita seringkali kemasukan racun walaupun jumlahnya kecil, dikatakan berbahaya jika didalam tubuh kandungan racun sudah menumpuk. Melalui pori-pori kulit racun dikeluarkan yaitu dengan cara mengkonsumsi jus bawang putih.

Baca juga artikel kesehatan: Kandungan Dan Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan

Manfaat lain yang sering kita dengar adalah bawang putih  untuk menjaga kesehatan organ jantung, terutama bagi mereka yang mempunyai masalah pada jantung. Bawang putih mengandung sulfidauntuk menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga dapat mencegah penyakit kardiovaskuler. Mengkonsumsi beberapa siung bawang putih juga dapat meningkatkan kadar insulin dalam aliran darah bagi yang menderita diabetes. Selain itu bawang putih mengandung allicin yaitu senyawa anti jamur yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta melindungi tubuh dari infeksi.

Inilah beberapa kandungan yang ada di dalam bawang putih:

  1. Terdapat kandungan gula sebanyak 1.00g
  2. Terdapat kandungan lemak sebanyak 0,5g
  3. Terdapat kandungan energy sebanyak 623 kl atau (149 kcal)
  4. Vitamin sebanyak B6 1,235 mg atau (95%)
  5. Vitamin sebanyak C 31.2 mg atau (52%)
  6. Asam pantotenat (B5) sebanyak 0,596 MG atau (12%)
  7. Folat (B9 Vit) sebanyak 3 mg atau (1%)
  8. Juga terdapat besi sebanyak 1,7 mg atau ( 14% )
  9. Mengandung kalsium sebanyak 181 mg atau ( 18% )
  10. Kalium sebanyak 401 mg Tu ( 9% )

Cara memilih bawang putih yang baik

Dari beberapa jenis varietas bawang putih yang anda beli sebaiknya anda memilih bawang putih dengan tekstur yang lebih mulus dan putih, serta pilihlah yang siunganya kecil karena lebih memiliki aroma yang kuat.

Demikianlah informasi tentang manfaat dan kandungan bawang putih.Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda ya.