Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita

Kesehatan reproduksi pria dan wanita dari dulu hingga sekarang sangatlah penting. Di samping itu kita harus tahu cara kerja sistem reproduksi kita. Sistem reproduksi pria tidak serumit sistem reproduksi wanita, namun banyak hal yang masih misteri di dalamnya.

Kesehatan Reproduksi
Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita

 

Ketika kita masih kecil atau belum cukup umur, orang tua kita akan menjelaskan bagaimana kita lahir ke dunia ini secara singkat. Biasanya mereka menjelaskan kalau kita lahir karena adanya cinta ayah dan ibu. Akan tetapi seiring beranjak dewasanya kita dan mengalami pubertas maka perubahan yang ada hubungannya dengan pertanyaan tersebut akan kita alami sendiri.Saat itulah kita secara tidak langsung akan mengerti bagaimana proses reproduksi manusia dan semua peristiwa biologis yang terjadi di dalamnya.

Baca juga artikel kesehatan: Cara Merawat Gigi Yang Benar

Badan manusia adalah kumpulan dari berbagai macam sistem organ dan mempunyai fungsi tersendiri dan saling berbeda dengan yang lainnya.Hal itu juga berlaku pada sistem reproduksi yang terdapat di tubuh kita. Sistem reproduksi berfungsi sebagai alat berkembang biak.

Sistem reproduksi pria

Dilihat dari medis maka sistem reproduksi pria terdiri dari:

  1. Testis/ Buah pelir
  2. Saluran sperma yang terdapat spermatozoa
  3. Kelenjar tambahan yang menyusun adanya sperma
  4. Penis/ Alat kelamin

Semua sistem reproduksi diatas berkembang semenjak anak laki-laki masih berada di dalam kandungan ibunya. Dengan adanya enzim dan hormon maka setiap bagian dari sistem reproduksi pria akan mulai terbentuk pada janin yang masih berusia 2 bulan.

Pada saat mengalami pubertas maka sistem reproduksi pria secara penuh akan mengalami proses pendewasaan sampai seluruhnya aktif.

Sistem reproduksi wanita

Sistem reproduksi wanita terdiri atas ovarium, tuba falopi, rahim, leher rahim, vagina dan payudara. Pada proses pembuahan untuk jenis kelamin bayi akan ditentukan oleh kromosom dari kedua orang tua. Sel telur dan hormon estrogen akan dihasil Ovarium untuk mengatur dari fungsi reproduksi.Kesehatan alat reproduksi wanita terdiri dari adanya organ-organ tersebut.

Sistem reproduksi wanita terdiri atas 2 bagian, yaitu bagian dalam dan luar.

Alat reproduksi wanita bagian dalam yaitu:

  1. Labia mayora (bibir kemaluan)
  2. Labia minora (bibir dalam kemaluan)
  3. Vagina

Alat reproduksi waniat bagian luar yaitu:

  1. Vagina bagian luar
  2. Cervix (leher rahim)
  3. Uterus (rahim)
  4. Tuba falopi (saluran telur)
  5. Ovarium (indung telur)

Alat reproduksi wanita akan matang dan berfungsi secara normal biasanya pada saat wanita tersebut masuk akil baligh yaitu pada umur sekitar 8 hingga 12 tahun. Apabila wanita mengalami haid untuk pertama kalinya maka tubuhnya sudah mengalami proses produksi sel telur yang dapat dibuahi oleh sperma pria. Pembuahan itu bisa menyebabkan terjadinya kehamilan.

Demikianlah penjelasan dari sistem kesehatan reproduksi pria dan wanita.