Manfaat Kulit Manggis Dan Kandungan Di Dalamnya

Manfaat Kulit Manggis – Selain bentuk dan penampilan yang menarik serta memiliki rasa yang enak dan manis. Buah manggis terutama pada kulitnya ternyata sangat banyak manfaatnya.Kandungan kulit manggis dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.Di beberapa Negara, kulit dari buah manggis banyak di jadikan sebagai obat alternative untuk bahan terapi kesehatan.

Manfaat kulit manggis,kandungan kulit manggis,Manfaat Kulit Manggis Dan Kandungan Di Dalamnya
Manfaat Kulit Manggis Dan Kandungan Di Dalamnya

Di kalangan masyarakat pedesaan atau masyarakat tradisional, kulit buah manggis ini di yakini dapat menyembuhkan beberapa penyakit.Kulit manggis banyak mengandung zat anti inflamasi atau anti peradangan yang dapat menyembuhkan seperti, disentri, sariawan, borok, dan amandel.

Selain dari itu, hasil penelitian menyebutkan bahwa kulit dari buah manggis sangat kaya akan zat-zat yang dapat bermanfaat untuk kesehatan. Dan salah satunya adalah mengandung antioksidan yang tinggi seperti, asam folat, tannin, xanthone, dan juga antosianin. Kemudian di dalam buahnya, manggis memiliki kandungan air yang banyak yaitu sekitar 62,05 %, protein 0,71 %, lemak 0,63 %, dan juga terdapat kandungan karbohidrat sekitar 35,61 %.

Baca juga artikel kesehatan: Segudang Manfaat Yang Terdapat Dalam Kandungan Jahe

Dibawah ini adalah kegunaan dari kandungan yang dimiliki kulit dan buah manggis, berikut diantaranya :

Tannin

Pada kulit buah manggis terdapat zat tannin yang mampu membentuk kompleks kuat dengan protein yang dapat untuk menghambat penyerapan protein pada pencernaan atau disebut dengan anti-nutrisi.

Antioksidan

Selain tannin, kulit manggis juga mengandung antioksidan yang dapat mampu untuk menghambat enzim seperti, antidiare, DNA topoisomerase, hemostatik, anti-hemoroid, dan juga dapat untuk menghambat tumbuhnya tumor.

Xanthone

Kandungan anthone dalam kulit manggis memiliki senyawa yang cukup banyak.Sekitar 14 jenis senyawa yang terdapat pada xanthone, kandungan terbanyak adalah akfamongostin yang dapat untuk memberikan perlindungan terhadap tubuh untuk mencegah masuknya penyakit.Selain itu juga terkandung zat gamma-mongostin yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Antosianin

Dalam kandunganya,antosianin memiliki antioksidan yang dapat untuk mencegah beberapa penyakit yang akan masuk pada tubuh kita seperti, diabetes, kanker, neuronal dan kardiovaskular.

Selain pada kulit manggis,antosianin juga terdapat pada sayur-sayuran, buah-buahan seperti pada buah raspberry, strawberry, apel dan masih banyak lainnya.

Dengan banyaknya kandungan kulit manggis, maka sudah tidak diragukan lagi bahwa kulit buah manggis bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan.Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan kulit dari buah manggis.

Peradangan

Kulit manggis memiliki kemampuan untuk meredam radikal bebas seperti peradangan yang akan terjadi pada tubuh kita. Ini dikarenakan didalam kulit manggis banyak terdapat zat anti-inflamasi.

Kanker

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa dalam kulit manggis terkandung xanthonyang memiliki kemampuan untuk meredam senyawa anti kanker yang akan menjalar pada tubuh. Sehingga sifat antiplroliferasiakan menghambat timbulnya sel-sel kanker serta membunuh sel kanker pad tubuh. Selain itu juga dapat untuk meredam sel kanker payudara, leukemia dan juga lever.

Demikianlah segudang manfaat kulit manggis dan kandungannya.Jadi mulai sekarang, jika anda mengkonsumsi buah manggis maka jangan buang kulitnya.Karena bisa digunakan untuk obat herbal.