Manfaat Minyak Zaitun dan Kandungannya Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun – Banyak dari kita sering memanfaatkan minyak zaitun untuk kesehatan, akan tetapi banyak dari kita juga belum mengetahui apa saja kandungan minyak zaitun. Buah zaitun yang belum matang memiliki kandungan air 80 %, sedangkan kandungan dari buah zaitun yang sudah matang memiliki kandungan minyak sekitar 15 %. Selain itu, zaitun juga memiliki banyak kandungan seperti protein, karbohidrat, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D. Tumbuhan zaitun akan berbuah sekitar 15 sampai 20 tahun dan kandungan minyaknya sedikit agak berbeda dengan kandungan nutrisi di dalamnya.

Manfaat Minyak Zaitun,Kandungan Minyak Zaitun,Manfaat Minyak Zaitun dan Kandungannya Untuk Kesehatan
Manfaat Minyak Zaitun dan Kandungannya Untuk Kesehatan

Kandungan yang ada dalam minyak zaitun :

  1. Zat basi

Minyak zaitun memiliki kandungan zat besi yang tidak terlalu tinggi.Akan tetapi walaupun minyak zaitun tidak memiliki kandungan zat besi yang tinggi, bila ingin menambahnya bisa dengan mencampurkan ke dalam makanan ataupun sayuran yang banyak mengandung zat basi.Misalnya seperti paprika, salat sayuran yang berdaun hijau, telur, biji-bijian, kacang-kacangan, kismis, daging merah dan masih banyak lainnya.Untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh perlu menambahkan juga buah-buahan untuk dikonsumsi.

  1. Squalene

Squalen adalah merupakan cairan eter organic yang dapat bermanfaat untuk system imun atau kekebalan tubuh manusia.Selain dari itu,squalene juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat insulin bagi para penderita diabetes. Oleh karena itu minyak zaitun merupakan minyak yang memiliki kadarsqualene yang paling tinggi jika dibandingkan dengan minyak-minyak nabati lainnya.

  1. Potassium

kandungan minyak zaitun yang lainnya adalah potassium. Akan tetapi hanya sedikit.Kegunaan dari potasium adalah untuk menjaga agar tekanan darah pada tubuh kita tetap normal, dan mengubah gula menjadi energy serta membantu dalam mengeluarkan sodium di dalam darah.

  1. Kalsium

Hampeirsama seperti zat besi dan potassium, jumlah kadar kalsium pada minyak zaitun juga tidak terlalu banyak. sehingga untuk memperbanyak kalsium anda bisa menambahkan dengan makanan dan minuman yang banyak memiliki sumber kalsium yang tinggi. Kalsium adalah zat yang sangat penting untuk pemeliharaan dan pembentukan tulang dan gigi, serta sangat efektif untuk mencegah pengeroposan tulang.Juga sangat baik untuk membantu kelancaran kinerja otot syaraf dan otak, serta untuk menyimpan glikogen pada tubuh agar tubuh kita tidak mudah merasa lapar.

  1. Polifenol

Minyak zaitun juga memiliki kadar zat yang tinggi seperti zat antioksidan atau biasa disebut dengan palifenol. Jika ingin mendeteksi minyak zaitun dengan kadarpalifenol yang tinggi bisa dengan melalui rasa. Jika rasa minyak zaitun mengalami perubahan tidak seperti rasa yang sebenarnya, sudah dipastikan memiliki kadarpolifenol yang cukup tinggi. Dan rasa yang akan berubah adalah menjadi lebih tajam, pahit serta keras.

Baca juga artikel kesehatan: Manfaat Kulit Manggis Dan Kandungan Di Dalamnya

Dengan banyaknya kandungan dan manfaat minyak zaitun di atas, maka sudah dipastikan bahwa minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan.Jadi mulai sekarang, beralihlah dari minyak biasa ke minyak zaitun untuk mendapatkan semua manfaatnya.